Vektor

A. Pendahuluan

Misalkan di suatu kantor seseorang katakanlah si A mengatakan kepada sahabatnya si B bahwa si A memarkir sepeda motornya tepat 100 meter dari ia berdiri. Dari informasi tersebut sangat dimungkinkan atau dipastikan bahwa jika si B ingin meminjam motor si A, maka yang ditanyakan adalah posisi motornya di mana, karena posisinya motornya memungkinkan bisa berada di sebelah barat, utara, timur, ataupun selatan dari posisi si A atau bahkan posisi yang lain.

Dari kasus di atas jika si A menunjukkan posisi motornya maka cukuplah dapat menunjukkan wakil vektor secara geometri pada bidang datar, yaitu adanya besar (skalar) yaitu sebesar 100 m dan posisi motornya yang arahnya ditarik dari dari posisi A berdiri.

Selanjutnya pengertian vektor di sini adalah besaran yang memiliki besar/panjang dan memiliki arah. Secara geometri vektor digambarkan dengan anak panah (ruas garis berarah) yang memiliki titik pangkal dan titik ujung.

Untuk ilustrasinya adalah


Perhatikan salah satu ruas garis berarah pada gambar di atas, misal ruas garis berarah \color{blue}\overrightarrow{AB}, dengan titik pangkal A dan titik ujungnya adalah B yang menyatakan sebagai vektor .

Berikut adalah cara penulisan notasi vektor

  • Dengan menggunakan dua huruf kapital yang ditasnya ada anak panah sebagai misal \color{blue}\overrightarrow{AB}.  .
  • Dengan menggunakan dua huruf kapital yang di atasnya ada ruas garis, misal \color{blue}\overrightarrow{AB}.   .
  • Dengan menggunakan sebuah huruf kecil yang dicetak tebal, misal  \textbf{a},\: \textbf{b},\: \textbf{c},\: \: \color{blue}\textrm{dst}.
  • Dengan menggunakan sebuah huruf kecil yang di atasnya ada, anak panah, Sebagai misal  \overrightarrow{a},\: \overrightarrow{b},\: \overrightarrow{c},\: \: \color{blue}\textrm{dst}.
  • Dengan menggunakan huruf kecil yang di atas atau di bawahnya ada ruas garis. Sebagai contoh :  \overline{a},\: \overline{b},\: \overline{c},\: …\: \color{blue}\: \: \textrm{atau}\: \: \: \underline{a},\: \underline{b},\: \underline{c},\: …\: \: \textrm{dst}.

B. Vektor di Bidang dan di Ruang

  1. Vektor di Bidang \color{blue}\left (\LARGE \textrm{R}^{2} \right ).

Perhatikanlah ilustrasi berikut ini

Gambar 1
Gambar 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *