Selalu Bilangan Itu…

Masih melanjutkan seperti kemaren, rehat lagi

Anda hampir dipastikan selalu tahu tentang bilangan yang dimaksud ini. Permainannya simpel, menarik untuk dicoba kepada adik-adik kita yang masih duduk di tingkat sekolah dasar maupun menenngah pertama. Dan penulis yakin bahwa bilangannya selalu itu dan kita akan selalu tahu jawabannya.

Yuk, kita ilustrasikan saja

\color{blue}\begin{array}{|l|c|c|}\hline \qquad\qquad\quad\textrm{Sintak}&Guru&\textrm{Pendengar/Siswa}\\\hline \textrm{Pikirkanlah sebuah bilangan}&n&\textrm{dipilhlah satu}\\\hline \textrm{Kalikan dengan 2}&2n&2\times \cdots \\\hline \textrm{Tambahkan dengan 7}&2n+7&7+2\times \cdots \\\hline \textrm{Kurangai dengan 1}&2n+6&\cdots (\textrm{memikirkan hasilnya})\\\hline \textrm{Bagilah dengan 2}&n+3&\cdots (\textrm{mencoba untuk membagi})\\\hline \begin{aligned}&\textrm{Kurangai dengan bilangan}\\ &\textrm{yang mula-mula Anda} \\ &\textrm{pilih/bayangkan tadi} \end{aligned}&\textbf{3}&\cdots (\textrm{mencoba menentukan hasilnya})\\\hline \end{array}.

Setiap anak/siswa yang mendengar dan mencoba dengan sungguh hampir dipastikan akan memikirkan bilangan 3. Dan guru dapat menyampaikan ke kelas tersebut bahwa jawabannya adalah 3.

PUSTAKA

  1. Sobel, M. A., Maletsky, E. M. 2004. Mengajar Matematika Sebuah Buku Sumber Alat Peraga, Aktivitas, dan Strategi untuk Guru Matematika SD, SMP, SMA. Jakarta: ERLANGGA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *