Memaksimalkan Diri

Untuk memaksimalkan diri sendiri masing-masing orang berbeda dan masing-masing orang punya cara sendiri-sendiri. Bagi diri para siswapun demikian juga, ada yang berprestasi bagus serta ada yang oleh guru dikatakan anak tersebut kurang serius dalam belajar.

Siswa berprestasi itu ada beberapa macam tipe, yang pertama dari potensi siswa tersebut, yang kedua karena lingkungan dan yang ketiga mungkin karena tuntutan. Tapi yang terpenting mereka dapat memaksimalkan potensi yang ada dalam diri mereka dan memang itulah yang terbaik dan ini akan bertolak belang dengan mereka yang berprestasi di bawah duapuluh besar.

Di dalam kelas seorang gurupun perlu memaksimalkan diri. Dari sini muncul anggapan beraneka ragam tentang guru sehingga sebagian guru menjadi idola dan sebagian (menjadikan) siswa bosan.

Guru yang menjadi idola para siswa tidak sepenuhnya seperti itulah cermin seorang guru ideal, tetapi seperti itulah sebaiknya jadi seorang guru sehingga tranfer ilmu akan sangat efektif dan demikian juga sebaliknya.

Mengapa demikian?, karena guru ideal itu adalah guru yang telah memenuhi syarat-syarat sebagai guru profesional.

Syarat untuk menjadi seorang guru profesional adalah:

  1. Berkualifikasi akademik minimal S1/D-IV
  2. Memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional
  3. Bersertifikat pendidik

Pada akhirnya setiap siswa harus dan diharapkan dapat memaksimalkan diri supaya berprestasi bagus dalam belajarnya dan setiap gurupun harus dan diharapkan profesional sehingga dapat mengantarkan para siswanya untuk lebih berprastasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *